Senin, 26 September 2011

KEHIDUPAN SOSIAL MANUSIA


BAB III 
KEHIDUPAN SOSIAL MANUSIA

A. Interaksi sebagai Proses Sosial

            Orang yang hidup menyendiri dan terasing dari lingkungan kehidupan manusia, misalnya hidup sendiri di tengah hutan belantara untuk selamanya, dipastikan tidak pernah mengadakan interaksi sosial. Padahal interaksi sosial adalah kunci dari semua kehidupan sosial. Artinya, tidak ada kehidupan bersama bagi orang tersebut,sekaligus tidak pernah ada proses sosial.

Untuk mencukupi kebutuhannya,seseorang tidakakan menanam padi sendiri, menuai sendiri, menggiling sendiri, menanak nasi sendiri, membuat periuk sendiri, menggali sumur sendiri, atau mencari ikan untuk diasinkan sendiri. Bahkan setelah meninggalpun, setiap orang masih memerlukan bantuan orang lain. Manusia dalam kehidupan bersama, baik individu - individu, kelompok-kelompok, maupun individu-kelompok, senantiasa terdapat interaksi sosial.

                Interaksi  sosial  adalah  hubungan – hubungan sosial yang dinamis, yang menyangkut hubungan antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok dalam bentuk kerjasama, serta persaingan atau pertikaian. Interaksi sosial tersebut menimbulkan proses sosial. Proses sosial erat kaitannya dengan konsep keragaman kehidupan sosial budaya masyarakat.



Contoh Hubungan Individu dengan Individu
Hubungan Individu dengan Individu 

 
Contoh Hubungan Individu dengan Kelompok



                                Contoh : Hubungan Kelompok Laki Laki


                        Contoh : Hubungan Kelompok Perempuan





Proses sosial yang terjadi, berupa kerjasama, bahkan persaingan maupun pertikaian, karena adanya interaksi sosial. Adanya pertemuan sekelompok orang, adanya pergaulan hidup, saling berbicara, saling berpandangan, berjabat tangan, kemudian saling kerjasama dimaksudkan untuk mencapai tujuan bersama.
Proses sosial adalah pengaruh timbal balik antara berbagai segi kehidupan bersama. Proses sosial merupakan cara-cara berhubungan para individu maupun kelompok yang saling bertemu, kemudian terjadi perubahanperubahan yang mampu menggoyahkan cara-cara hidup yang telah ada. Pergaulan dan hubungan yang terjadi di antara mereka memerlukan waktu untuk menyelesaikan sebuah proses.
Proses interaksi sosial baru akan berlaku apabila menghasilkan reaksi yang berbentuk hal-hal berikut.



1. Imitasi

Imitasi adalah meniru sesuatu yang dilakukan orang lain Misalnya,
meniru cara berpakaian, gaya rambut, gaya bicara, dan perilaku
 lainnya. Meniru bisa berdampak baik atau sebaliknya. Meniru  menjadi buruk jika sesuatu yang kita tiru merugikan diri sendiri
 dan tidak sesuai dengan kesopanan lingkungan. Meniru berlaku
 baik jika peniruan tersebut bermanfaat bagi kehidupan kita dan
masyarakat menerimanya.




 




































            Interaksi sosial hanya akan terjadi antarmanusia, tidak terhadap benda mati. Meja atau kursi yang dipukul sekeras apapun, tidak akan bereaksi karena memang tidak dapat merasakan sakit dan sebagainya. Rusaknya meja atau kursi sebagai akibat dari pukulan yang keras, tidak akanmenimbulkan reaksi darinya. Seandainya patah atau rusak, bukan karena reaksi dari benda mati itu. Interaksi antara manusia dengan binatang, tidak dapat dilakukan dengan sempurna karena hubungan timbal balik mereka tidak menggunakan bahasa yang saling dipahami. Mereka hanya menggunakan bahasa isyarat atau menggunakan suara atau bunyi-bunyian tertentu saja, dan bukan merupakan sebuah interaksi sosial

4. Identifikasi
Seseorang yang merasakan menjadi korban bencana merupakan bentuk identifikasi. Identifikasi lebih dalam daripada simpati.
Seseorang yang mengidentifikasikan dirinya terhadap orang lain pada umumnya akan meniru, terkena sugesti, dan merasa simpati.
Lain halnya dengan imitasi, sugesti, dan simpati tidak perlu disertai identifikasi.

  Identifikasi 

adalah kecenderungan atau keinginan dalam diri seseorang untuk menjadi sama dengan pihak lain. Umumnya yang menjadi objek dari proses identifikasi adalah “sang idola”





CONTOH REAKSI DARI HASIL PROSES SOSIAL





 
sugesti






PR, UNTUK KELAS VIIA,

1. Sebutkan Pengertian dari Interaksi Sosial.........
2. Apa Perbedaan Interaksi Sosial dengan Proses Sosial, Jelaskan...
3. Berikan Contoh Hubungan Interaksi Sosial antara Individu dengan Individu, Individu dengan Kelompok dan Kelompok dengan Kelompok,sesuai dengan keadaanmu sendiri.....
4.  Jelaskan dengan singkat Pengertian Proses Sosial...........
5. Buatlah bentuk bentuk dari  reaksi  yang dihasilkan dalam Proses sosial dan beri Contoh –contohnya.


1 komentar: